11.17.2008

10 Nama Dibalik Perkembangan Teknologi

Di balik teknologi, ada orang besar yang menemukannya. Tentunya tokoh yang memiliki visi hingga teknologinya dikenal dunia. Tokoh ini tidak selalu duduk menjadi eksekutif, namun perusahaan teknologilah yang banyak menikmati temuannya.

Sepuluh tokoh di bawah ini bisa dikatakan sebagai pembaharu di bidang teknologi. Tokoh ini benar-benar tokoh besar. Merekalah pembaharu teknologi dari level yang paling dasar hingga pengembanganan silikon. Hingga saat ini teknologi sangat berkembang pesat dan mendunia.

  • Paul Allen.
Tanpa Paul Allen mungkin saja Bill Gates tidak akan menjadi orang terkaya di dunia. Allen lah yang meyakinkan Gates untuk drop out dari Harvard dan membangun perusahaan Microsoft. Dia merupakan awal kunci sukses Microsoft, tapi kemudian tidak segemilang Gates. Dia juga pengantar kesuksesan DOS, yang kemudian menjadikan microsodt raksasa sampai sekarang.

  • Linus Torvalds.
Orang inilah pembuat kernel Linux menjadi musuh paling besar Microsoft. Selama tujuh belas tahun, pengembangan Linux telah menjadi sistem operasi populer di dunia baik untuk server perusahaan multi nasional, hingga untuk pengerjaan tugas sederhana sekalipun. Laki-laki asal Finlandia ini menulis versi kloning sistem Unix saat menjadi mahasiwa berusia 21 tahun. Pekerjaan sambilannya itu berhasil menyambungkan server-server yang ada di University of Helsinki pada 1991.

  • Steve Wozniak.
Tidak ada yang bisa membantah Apple-lah yang menjadikan komputer bisa dijalankan semudah sekarang. Meskipun CEO Apple, Steve Jobs yang mempunyai ide lahirnya desktop komputer Apple, tapi insinyur yang menjadikan semua itu terwujud adalah Woz. Pada 70-an tidak ada perangkat yang bernama komputer rumah. Meskipun terminal komputer bisa dipasang di rumah, tapi tidak cukup alasan komputer bisa dioperasikan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Wozniak mengubah hal itu dengan mengembangkan mesin yang mudah dipahami dan digunakan untuk diproduksi.

  • Sir Tim Berners-Lee.
Jika tidak berkat karya Berners-Lee mungkin anda tidak dapat membaca artikel ini. Berners-Lee, saat di CERN, mengembangkan protokol dasar World Wide Web, yang awalnya digunakan untuk kebutuhan internal. Jika saja dia mau mempatenkan penemuannya itu, Berners-Lee mungkin saja memiliki kekayaan luar biasa. Dia malah memberikannya secara cuma-cuma dengan alasan mencari keuntungan dengan cara seperti itu akan menahan perkembangan teknologi yang secara potensial bisa mendorong revolusi hubungan antar manusia.

  • Seymour Cray.
Mungkin tidak ada yang lebih besar dibandingkan Seymour Cray dalam pengembangan super computing. Meskipun mesin yang dibangunnya sering menjadi tulang punggung militer dan perang, namun banyak yang digunakan untuk kebaikan. Tanpa dia sulit mendapatkan obat mutakhir, termasuk pengamatan perubahan iklim.

  • Marc Andreessen.
Bersama dengan Eric Bina mengembangkan browser web, Mosaic. Penemuan Berners-Lee membukakan ide membuat browser sehingga internet mudah digunakan siapapun. Marc Andreeson merupakan perpaduan pakar komputer serta ambisi bisnis. Mosaic kemudian dikembangkan untuk browser Netscape Navigator yang selama bertahun-tahun menjadi aplikasi standar mengakses internet. Karyanya ini menakutkan Microsoft dan perusahaan dari Redmond ini melakukan perang kotor yang kemudian raksasa software ini harus didenda jutaan dolar.

  • Rear Admiral Grace Hopper.
Dialah yang pertama mengembangkan compiler dan sebagai pembaharu pemrograman komputer sehingga semudah mengucapkan bahasa Inggris.

  • Jack Kilby and Robert Noyce.
Merekalah penemu komponen komputer paling penting, integrated circuit (IC). Kilby menemukannya 1958 saat staff Texas Instruments lain sedang berlibur. Ia berhasil menggabungkan germanium hingga tidak perlu mensolder ribuan komponen. Enam bulan kemudian Robert Noyce yang bekerja di Intel meneruskan pekerjaan Kilby membuat circuit dari blok silikon. Kedua orang ini mendapat nobel. Tanpa dua orang ini, komputer bisa jadi masih berukuran satu kamar tidur.

  • Alan Turing.
Bisa dikatakan Alan Turing sangat berjasa menyelamatkan jutaan nyawa saat perang dunia kedua. Dialah yang mengembangkan penerjemah kode pengebom Polandia.

  • Richard Stallman.
Sementara Linus Torvalds menyediakan dasar yang saat ini dikenal dengan pergerakan software open source, Stallman penggerakan free software yang kemudian menjadi GNU project. Dia penggerak freesoftware untuk semua masyarakat dunia, namun tetap mendukung industri software.


Nah, kalau tidak ada orang-orang ini maka teknologi di dunia tidak akan seperti ini. Dan kita patut memberi hormat kepada mereka-mereka yang telah menemukan teknologi yang sekarang kita gunakan.

Semoga artikelnya bermanfaat. enjoy……. !!

Bookmark and Share

12 komentar:

Dews said...

Nice info... Keep posting bro... :D

Unknown said...

Wah ini yang menjadi pernasaranku, terjawab sudah.. terima kasih teman. Semangat terus... Enjoy...!

Zippy said...

Kok nama saya nggak ada yah..?
Hehehehehehehe....

artis indonesia said...

salam kenal bang...
thanks infonya tapi tolong kasi namaku ya he..he...

anita mui said...

Kapan yahh aku bisa jadi seorang penemu ilmu yg bisa memecahkan rekor..hiks..hiks...
tapi sayang kemampuan otakku yg terbatas..hheee

thanks bgt atas infonya boy..

knowvie said...

bukannya ada 11?, kurang satu nama lagi tuh, yaitu knowvie he2x...

Anonymous said...

wah.. orang2 sukses semua ya?? apa aku bisa ya seperti mereka???

Kristina Dian Safitry said...

dari keningnya dah kelihatan kalo dia orang yang berotak cerdas

Anonymous said...

wooow.....

Anonymous said...

pengennya seh namaku ada juga di daftar tersebut.

Anonymous said...

Artikel anda di

http://tokoh-teknologi.infogue.com/10_nama_dibalik_perkembangan_teknologi

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

Arif.Ust said...

Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

Post a Comment