5.25.2009

Danau Terbaik dan Terindah Se-Dunia [Danau Paniai]

Ternyata "Danau Paniai" terbaik dan terindah di Seluruh Dunia dan mereka mengakui itu. Benar-benar danau yang indah, tapi kenapa tidak mendapat perhatian dari pemerintah Daerah maupun Pusat.

Papua merupakan daerah kaya raya yang jadi miskin karena tidak bisa memanfaatkan SDA yang ada, sementara negara-negara lain berlomba - lomba untuk memanfaatkannya... Aneh rasanya!!

Ironisnya lagi, negara - negara lain lebih tau tentang keindahan Danau Paniai ini dibanding Indonesia sendiri, karena saya yakin banyak diantara orang Indonesia pada umumnya tidak tahu.

Atau mungkin bagi yang tidak mengetahuinya akan mengatakan,
"Apa sih itu Danau Paniai??"
"Dimana sih Danau Paniai??"
Bahkan mungkin baru pertama kali ini denger nama Danau Paniai ini. Sungguh naif, kita seperti orang baru di Negeri sendiri.



Antara News:

Sebanyak 157 utusan dari negara-negara pemilik danau di dunia menurut rencana pada tahun ini akan berkunjung ke Kabupaten Paniai, Papua, untuk melihat dari dekat Danau Paniai yang menyimpan potensi wisata alam yang prospektif.

Bupati Paniai Naftali Yogi kepada Antara di Jayapura,mengatakan, keinginan 157 negara itu disampaikan saat berlangsungnya Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.

Bupati Yogi yang juga turut hadir dalam konferensi tersebut mengatakan, negara-negara pemilik danau di dunia itu menilai Danau Paniai di Papua merupakan satu-satunya danau yang terindah dan masih belum dijamah tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Dikatakannya, Danau Paniai yang berada pada ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu kondisinya sampai sekarang masih alami, karena belum tercemar sehingga menjadi perhatian 157 negara untuk mengunjunginya.

Menurutnya, dalam Konferensi Danau se-Dunia di India itu disepakati pula untuk bersama-sama ikut melestarikan Danau Paniai karena merupakan danau terbaik dan terindah di dunia.

Ia mengatakan, untuk menyambut kedatangan duta 157 negara pemilik danau itu, pihaknya saat ini sedang membangun jalan mengelilingi danau dan rumah-rumah penginapan.

Diharapkan dengan kunjungan 157 negara ke Danau Paniai, maka mereka pun tergerak untuk memberikan bantuan dalam rengka melestarikan danau ini sehingga tetap menjadi danau yang terbaik dan terindah di dunia.

Selain mempersiapkan jalan dan penginapan, kata Bupati Yogi, pihaknya juga terus melestarikan nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni.

Pelestarian seni budaya tersebut telah dimasukkan ke dalam kurikulum lokal guna diajarkan kepada murid Sekolah Dasar (SD) mulai dari kelas satu sampai kelas enam, demikian Bupati Naftali Yogi menjelaskan.



Dan Komentar dari Beberapa sahabat di salah satu Forum Terbesar Indonesia:
wow...
salah satu keindahan Indonesia lainnya!
Pemerintah mikirinnya duit, kemiskinan, duit, kesejahteraan, duit, jadi keindahan Indonesianya didemin deh.
nah itu dia..
karena tempat itu udah dinilai indah
bentar lagi pada berdatangan
karena pada berdatangan
pasti ada yang bawa sampah2
sembarangan deh dibuang disitu
kembali lagi apakah pemerintahnya melirik ?
lama2 jadiin spot pribadi ajah deh dari pada jadi milik nasional.
Indah disini maksudnya bersih dan belum tercemar ya....
oOoOooOoOO jadi Danau Paniai ya....


Bookmark and Share

7 komentar:

merin said...

Wah...
perlu dilestarikan tuh..
klo perlu ajak juga warga papua tuk menyayangi & menjaga keindahan danau Paniai...
mer suka artiklenya...

^^,

Michael-BT said...

@Mer::
yap... smoga bisa dilestarikan dengan baik.
Thanks yah,, baru blajar nulis juga kok___
hehehee^

salam, sabat Blogger!

Sulae said...

Waah mantheb bener danaunya, jadi pengen kesana... Hehehehe

Iya rata2 di daerah timur ini, potensi wisatanya sangat besar, tp sayang pemerintah kita kayanya masih belum peduli... Wkwkwkwkw (padahal klo bener2 dimaksimalkan bisa nambah pendapatan negara tuh) :D

Mungkin lagi mikirin pemilu.... Makanya yg kaya gini dianggap angin lewat doang... Hehehehe

AwgKu Pangeran said...

Wah cantik banget, langsung kenapa ngak di letak gambar danaunya banyak2.. ;)

buwel said...

Makasih infonya neh, jadi tahu ada nama danau paniai, salam kenal ya...

Erlina Tbn said...

Weleh-weleh dikampungku tanah batak ada danau toba tapi ini gak kalah indahnya tuh danau paniai, kurang promosi aja kali...jadi penasaran kan pengen ke paniai

pojok BNI UNAND said...

klo di Sumbar, pemda nya gila-gilaan berpromosi kek Tour de Singkarak atw lomba paragliding intl. di Maninjau,,

usaha yg dilakukan pemda Paniai bagus tu tinggal promosi yg gencar aja,, kek ikut pameran turisme dll.

salam blogger..

Post a Comment