11.08.2008

Foto Obama, Bayi hingga Presiden beredar di Internet

Kemenangan Barack Obama masih menyiasakan rasa penasaran tentang kehidupan masa lalu presiden AS ke 44 ini. Salah satu yang dicari adalah foto masa kecil Obama yang kini banyak diakses di internet.

Salah satu situs yang mengungkap foto-foto masa kecil Obama adalah Chicago Tribune. Di situs ini tersedia lebih dari 100 foto yang menggabarkan masa kecil Obama, masa sekolah, perjalanan ke Afrika, masa kampanye hingga akhirnya memenangi pemilihan presiden AS.

Salah satu foto menampilkan lokasi di Jakarta dimana Obama terlihat bersama ibunya Ann Dunham, ayah tirinya Lolo Soetoro, dan saudara perempuannya Maya. Foto lain memperlihatkan Obama berada di pantai Waikiki Hawaii. Ini merupakan saat-saat sebelum Barack Obama dibawa oleh ibunya ke Indonesia pada 1967 untuk hidup bersama dengan suami keduanya Lolo Soetoro.

Sepanjang sejarah pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), baru sekarang nama Indonesia kerap disebut oleh media massa setempat. Nama Indonesia disebut lagi, setelah Barack Obama menang dalam pemungutan suara.

Barack Obama adalah calon Presiden AS pertama yang membuat Indonesia tiba-tiba begitu dekat dengan AS.Keterikatan Obama dan Indonesia bahkan lebih lekat setelah pemberitaan mengenai peran dan identitas adik perempuannya yang berdarah Jawa, Maya Soetoro Ng semakin luas.

Sebelumnya, orang Indonesia lebih mengenal Obama hanya sebagai seorang AS yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia. Pengetahuan itu bertambah dengan kepopuleran Maya Soetoro.

Ayah kandung Obama bernama Barack Hussein Obama adalah seorang Afrika berkewargnegaraan Kenya, sedangkan ayah kandung Maya adalah Lolo Soetoro, pria Jawa Timur tulen. Baik ayah kandung maupun ayah tiri Obama menganut keyakinan Islam.

Obama dan Maya beribu sama, seorang perempuan kulit putih bernama Stanley Ann Dunham. Maya yang sering dikira orang Latin atau hispanik sekarang menjadi istri pria Kanada keturunan China, Konrad Ng. Mereka dikarunia anak perempuan berusia 3 tahun bernama Suhaila.

Maya memeroleh gelar PhD dari Universitas Hawaii, dan sekarang mengajar pada sebuah sekolah di Honolulu, sedangkan suaminya adalah PhD ilmu politik yang aktif dalam kampanye kepresidenan Obama. Bersama para selebritis top, seperti Robert de Niro dan Oprah Winfrey, Maya aktif berkampanye bagi pencalonan Obama sebagai kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat dan presiden kulit hitam pertama AS.

Obama menyebut keluarganya sebagai aset untuk memenagkan pemilihan presiden."Saya adalah wujud dari kebijakan luar negeri dan kekuatan Amerika. Jika nanti anda kabarkan pada orang-orang bahwa `Kita mempunyai presiden yang neneknya tinggal di satu gubuk di pinggir Danau Victoria dan mempunyai adik setengah Indonesia yang menikahi seorang China Kanada,` maka orang-orang akan menilai si presiden adalah orang yang akan lebih memahami apa yang dihadapi rakyat dan negerinya. Dan, mereka benar," kata Obama kepada New York Times.
Bookmark and Share

3 komentar:

Jemmy G Adii said...

saya bangga, pak Obama...bisa jadi president....disamping itu saya sangat kagum dan ini merupakan berita gembira bagi kamu ras malanesia (ras kulit hitam).................pak....bekerjalah dengan Takut akan Tuhan...maka apa yang menjadi Visi & Misi pak....dapat terlaksana dengan baik, dan kami harapkan, dengan terpilihnya pak menjadi Prfesiden Amerika Serikat, maka yang menjadi persoalan saat ini yakni menyangkut krisis moneter global dalam beberapa waktu kedepan pak bisa dapat meangaktifkan kembali atau dengan kata lain....mengatasi persoialan ini.....Thanks Pak berjuang terus, tong tetap mendukung kinerja pak....GBU

Lyla said...

wah.... mas Obama kalo liat bakalan marah apa ketawa yak hehehe

FATAMORGANA said...

Obama lagi? kereeen emang tuh Presiden.

Post a Comment